Kamis, 02 April 2009

Windows Touch Logo, Coming Soon on PC


Kontrol multi-touch yang ada di Apple iPhone akan segera dibangun di Microsoft Windows 7. Windows 7 yang akan menerima brand logo Windows Touch akan menjadi kelas pertama untuk berinteraksi dengan PC tanpa mouse dan keyboard. Microsoft yakin bahwa PC multi-touch akan akan menjadi product yang populer di retail, untuk public, di laptop dan ‘PC dapur’. Beberapa mesin Windows siap dengan input touch dan Microsoft kini sedang mempersiapkan program "Windows Touch Logo", seperti pada logo "Designed for Window 7", "Intel inside", "nVIDIA graphics". Program tersebut dapat membantu memberikan pengertian kepada konsumen akan adanya optimasi Windows Touch tersebut.

Windows Touch akan dilengkapi dengan fitur control seperti tap dan double tap, drag, scroll, zoom, sentilan (flick), dan rotasi. Dalam blog engineering Windows 7, team yang memimpin pengembangan Touch, mengatakan bahwa dunia touch akan semakin luas seperti kebutuha hardware. Menurut blog tersebut, pengembangan Windows Touch tersebut terinspirasi dari table komputer Microsoft Surface.

Sedangkan menurut Chris Bernard, salah seorang evangelist interface dari Microsoft, gesture dan touch adalah dua perubahan yang besar, menunjukkan bagaimana berinteraksi dengan komputer yang semula menggunakan GUI (Graphical User Interface) untuk pertama kalinya, dan penggunaan keyboard dan mouse. “Kami memastikan user akan mendapatkan pengalaman full Windows 7 yang sesungguhnya.” kata Bernard.

Sementara beberapa aplikasi dioptimalkan untuk fitur touch, seperti Internet Explorer dan Windows Media Centre, namun pada dasarnya terdapat tingkatan control touch. “Sebagai contoh, jika user mencoba touch scrolling di jendela yang tidak ada control touch, maka mesin bisa mendeteksi hal tersebut sebagai variasi scrollbar dan kemudian menjalankan scroll.” seperti yang disebutkan di blog. Untuk membantu membedakan mana yang menggunakan gesture atau touch, maka Microsoft telah menganalisa ribuan sample dari ratusan orang.

Windows 7 versi final akan segera hadir di tahun 2010, dan untuk Windows 7 RC (Release Candidate) akan diujicobakan di akhir Mei mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar